Senin, 12 September 2011

DINAMIKA ATMOSFER

A. Lapisan Atmosfer  
 Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara menyeluruh . Di antara unsur yang terdapat dalam atmosfer adalah nitrogen ,oksigen ,karbon dioksida ,dan argon . Keempat unsur tersebut menempati 99,97% {hampir 100%} volume atmosfer .
 atmosfer melindungi bumi dri radiasi matahari pada sing hari dan hilangnya panas pada malam hari. jika tidk ada atmosfer suhu bumi akan meningkat hinga meningkat 93,3 derajat celcius pada siang hari dan akan menurun hingga -148,9 derajat celcius, pada malam hari.
 atmosfer juga berguna sebagai penahan meteor yang akan jatuh ke bumi , meteor yang bergerak akan menuju bumi terlabih dahulu harus melewati atmosfer dengan kecepatan 60 - 70 km/sekon. gesekan ntara meteor dan atmosfer menyebabkan terjdinya pnas sehingga menghncurkan meteor sebelum jatuh ke bumi .
 tebal atmosfer tidak dapat di pastikan krena tidak ada batas yan nyata antara udara dan ruangan di luarnya. berdasarkan perbedaan suhu arah vrtikal, atmosfer bumi di bagi menjdi 5 lapisan , yaitu
1. troposfer
2. stratosfer
3. mesosfer
4. termosfer
5. eksosfer


 1.Trosposfer
 Troposfer adalah lapisan atmosfer paling bawah dengan ketinggian sampai 8 km di daerh kutub dan 18 km di daerah khtulistiwa. di lapisan ini setiap naik 100 m temperaturnya turun 0,5 derajat celcius . oleh krena itu , keadaan temperatur pada batas lapisan ini mencapai -57 derajat celcius sampai -62 derajat celcius. batas
( mintakat ) yang menandai berakhirnya penurunan suhu di sebut tropopause .
 Pada lapisan troposfer terjadi segala fenomena yang berhubungan dengan cuaca , dan iklim contohnya awan, hujan dan angin .


 2. Stratosfer 
 Statosfer terletak di trotosfer sampai50km .Stratosfer lebih tebal di daerah kutub dan kadang - kadang tidak terdapat di khatulistiwa . Di lapisan ini terdapat konsentrasi ozon (03) pling besar , yaiyu di dekat batas luar lapisan . lapisan ozon berfungsi sebagai pelindung permukaan bumi dari pancaran ulttraviolet dari Matahari yang berlebihan . Temperatur pada akhir lapisan ini naik mencapai 55 derajat celcius . Batas yang menandai berakhirnya lapisan ini di sebut stratopause .


 3.Mesosfer
 Mesosfer terletak di atas stratosfer pada ketinggian 50-75km . Temperatur di lapisan ini mula-mula naik , tetapi kumudian turun dan mencapai -72 derajat celcius di ketinggian 75km .Penurunan suhu di lapisan ini adalah setiap naik 100 m temperatur turun 0,4 derajat celcius   . Dilapisan ini sebagai meteorir terbakar . Batas yang menendai berakhirnya lapisan ini disebut mesopause .


  4.Termosfer
 Termosfer terletak di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 75km sampai pada ketinggian sekitar 650 km . T emperatur di lapisan ini kembali naik hingga sekitar 1010 derajat celcius . Lapisan paling bawah di termosfer adalah ionosfer di ketinggian 75-375 km . Di dalam ionosfer gas-gas mengalami ionisasi . Lapisan termosfer berguna dalam penyebaran gelombang radio .


 5.Eksosfer
 Eksosfer terletak di atas lapisan termosfer dan merupakan lapisan paling atas dari atmosfer sampai pada ketinggian yang tidak di ketahui .Oleh karna itu, tidak ada batas yang jelas antara eksosfer dan angkasa luar .
Penyelidikan tenteng atmosfer bumi sangat berguna untuk berbagai kepentingan , antara lain sebagai berikut .
 a. Mengadakan prakiraan  cuaca untuk kepentingan pertanian, penerbangan ,pelayaran ,dan perternakan .
 b.Mengetahiu wilayah pemntulan gelombang radio .
 c.Menentukan keadaan yang cocok untuk meluncurkan  pesawat luar angkasa .



   B. Cuaca dan Iklim 

  1. Pengertian cuaca dan iklim
 cuaca adalah keadaan atmosfer sehari-hari dan terjadi di daerah yang sempit . Adapun iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dalam periode waktu yang lama (umumnya sekitar 30 tahun) meliputi daerah luas .Ilmu yang mempelajari tentang cuaca di sebut meteorologi , sedangkan ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut klimatologi .

  2. Unsur-unsur Cuaca dan iklim
 Unsur-unsur cuaca dan iklim meliputi suhu udara , tekanan udara, angin, kelembapan udara, per-awanan , dan curah hujan .
 a.Suhu Udara
 Matahari adalah sumber panas utama bagi bumi dan atmosfernya .Faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan suhu dan udara , antara lain sebagai berikut .
 1.Sudut Datang Sinar Matahari
 a.) Pola khatulistiwa
 b) Pola Daerah Sedang
 c) Pola Daerah Kutub
 2.)  Lamanya Penyinaran Matahari
 3.)  Ketinggian Tempat
 4)   Kejernihan Atmosfer
 5)   Jarak ke Laut

 b. Tekanan Udara
 Tekanan udara adalah tekanan yang di berikan udara setiap satuan luas bidang datar dari permukaan bumi sampai batas atmosfer .
 c.Angin
 Angin adalah udara yang bergerak karna adanya perbedaan tekanan udara antara suhu tempat dengan tempat yang lain .
1) Kecepatan Angin
2) Jenis Angin 
Ragam angin di bumi antara lain :
 a) Angin Barat
 Angin Barat bertiup dari lintang 35derajat LU/LS menuju 60 derajat LU/LS .
 b) Angin Kutub
 Angin kutub berrmbus dari daerah bretekanan udara tinggi di sekitar kutub daerah sedang .
 c) Angin Pasat
 Angin pasat berembus dari daerah subtropis ( 30 derajat LU/LS ).
d) Angin Silikon
e) Angin anti silikon
f) Angin musim
g) Angin Darat dan Angun Laut
h) Angin Lembah dan Angin Gunung
i) Angin Folum

d. Kelembapan Udara (Humidity)
 Kelembapan udara di gunakan untuk menyatakan banyak nya kandungan uap air di udara  .
 Kelembapan Udara dapat di nyatakan dalam dua cara , yaitu kelembapan relatif dan kelembapan absolut .
 e. Per-awanan (Cloudnees)Awan berbentuk sebagai akibat adanya kondensasi , yaitu proses perubahah wujud dari uap air menjadi titik-titik air .
 f. Curah Hujan
 Hujan adalah peristiwa jatuhnya butir-butir air dalam bentu cair atau padat menuju bumi .
 Berdasarkan proses trejadinya, hujan di kelompokan memjadi 3, yaitu hujan konveksi, hujan orografios , dan hujan frontal .

 Pembagian Iklim
 1.Iklim Matahari
 Iklim matahari di dasarkan atas kedudukan Matahari terhadap tempat-tempat di permukaan bumi .
 Pada tahun 1942, klages membuat klasifikasi iklim berdasarkan temperatur di premukaan bumi menjadi lima daerah, yaitu daerah tropik, subtropika, sedang, dingin, dan kutub .

 2.Pembagian Iklim Menurut W.Koppen
 Klasifikasi iklim memnurut koppen berdasarkan rata-rata curah hujan dan temperatur, baik bulanan maupun tahunan. hal itu di sebabkam curah hujan dan temperatur merupakan unsur yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan di permukaan bumi . koppen membagi permukaan bumi menjadi lima golongan iklim .
 a.Iklim Hujan Tropis (A)
 b.Iklim Kering (B)
c.Iklim Sedang (C)
d.Iklim Dingin (D)
e.Iklim Kutub (E)


3. Pembagian Iklim Menurut Schmidth-Ferguson
 Dasar klasifikasi iklim Schmidth-Ferguson adalah bulan basah dan bulan kering.

 4. Pembagian Iklim Menurut Oldeman              
 Oldeman membuat klasifikasi iklim berdasarkan adanya bulan basah yang berturut-turut dan bulan kering yang berturut-turut pula.

 5. Pembagian Iklim Menururut Junghuhn
 Junghuhn membuat klasifikasi iklim berdasarkan ketinggian tempat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar